Kualitas Limbah Sebagai Pencemar Lingkungan

Kualitas limbah menunjukkan spesifikasi limbah yang diukur dari kandungan pencemarnya. Limbah yang dihasilkan dari proses kegiatan manusia berbeda satu dengan yang lain, masing-masing memiliki karakteristik tersendiri pula. Karakteristik ini diketahui berdasarkan parameternya. Apabila limbah masuk ke dalam lingkungan, ada beberapa kemungkinan yang ditimbulkan. Kemungkinan pertama, lingkungan tidak mendapat pengaruh yang berarti; kedua, ada pengaruh perubahan tapi tidak menyebabkan pencemaran; ketiga, memberi perubahan dan menimbulkan pencemaran.

Limbah tidak memberi pengaruh terhadap lingkungan karena volume limbah kecil dan parameter pencemar yang terdapat di dalamnya sedikit dengan konsentrasi kecil. Karena itu andaikata masuk pun dalam lingkungan ternyata lingkungan mampu menetralisasinya. Konsentrasi kandungan bahan yang terdapat dalam limbah barangkali dapat diabaikan karena kecilnya. Ada berbagai parameter pencemar yang menimbulkan perubahan kualitas lingkungan namun tidak menimbulkan pencemaran,Artinya : lingkungan itu memberikan toleransi terhadap perubahan serta tidak menimbulkan dampak negatif.

Dampak pencemaran limbah

Kualitas limbah sebagai pencemar lingkungan dipengaruhi berbagai faktor yaitu  volume limbah, kandungan bahan pencemar, frekuensi pembuangan limbah. Penetapan standar kualitas limbah harus dihubungkan dengan kualitas lingkungan. Adanya perubahan konsentrasi limbah menyebabkan terjadinya perubahan keadaan lingkungan. Semakin lama lingkungan dituangi air limbah, semakin tinggi pula konsentrasi bahan pencemar di dalamnya.

Menurut A. K. Haghi, 2011 kualitas limbah dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor yang memengaruhi kualitas limbah adalah sebagai berikut.

  1. Volume limbah, banyak sedikitnya limbah memengaruhi kualitas limbah. Jika limbah di lingkungan terdapat dalam jumlah banyak, limbah tersebut berbahaya. Akan tetapi, jika jumlahnya sedikit maka limbah tidak akan membahayakan.
  2. Kandungan bahan pencemar, kualitas limbah dipengaruhi oleh kandungan bahan pencemar. Limbah dikategorikan berbahaya jika mengandung pencemar berbahaya contoh logam berat. Jika limbah tidak mengandung bahan pencemar berbahaya, berarti limbah tersebut tidak membahayakan.
  3. Frekuensi pembuangan limbah, pembuangan limbah dengan frekuensi yang tinggi akan menimbulkan masalah. Jika pembuanganlimbah dilakukan dengan frekuensi yang rendah maka limbah tidak akan membahayakan.

volume, kandungan dan frekuensi mempengaruhi kualitas limbah

Ketika zat-zat pencemar yang masuk ke dalam lingkungan sudah terlalu banyak sehingga mengakibatkan tidak ada lagi kemampuan lingkungan untuk menetralisasinya. Atas dasar ini perlu ditetapkan batas konsentrasi air limbah yang masuk ke dalam lingkungan.

Dengan membatasi konsentrasi dan intensitas pembuangan limbah, walau dalam jangka waktu seberapa pun lingkungan tetap mampu mentolerirnya. Toleransi ini menunjukkan kemampuan lingkungan untuk menetralisasi ataupun mengeliminasi bahan pencemaran sehingga perubahan kualitas negatif dapat dicegah. Dalam hal inilah perlunya batasan-batasan konsentrasi yang disebut dengan baku mutu limbah.

Pada jangka waktu yang cukup jauh akan timbul kesulitan menetapkan perubahan kualitas karena periode waktu yang demikian jauh. Dengan konsentrasi limbah tertentu, tidak terjadi perubahan kualitas lingkungan. Artinya perubahan kualitas lingkiungan tidak muncul dalam waktu relatif pendek bila hanya berdasarkan baku mutu limbah. Perubahan hanya dapat dipantau pada masa-masa 20 atau 25 tahun yang akan datang. Dengan demikian maka standar kualitas lingkungan perlu ditetapkan sebagai bagian dari penetapan kualitas limbah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: