6R yang harus kita lakukan di lingkungan sekitar

Apabila disekitar rumah kalian banyak terdapat sampah atau limbah,kalian dapat melakukan usaha-usaha sebagai berikut.

a. Reuse

Memanfaatkan ulang(reuse), yaitu menggunakan kembali barang bekas tanpa pengolahan bahan, untuk tujuan sama atau berbeda dari tujuan asalnya/awalnya.Misalnya kaleng bekas minuman dapat digunakan sebagai tempat pensil,kotak bekas sepatu dapat digunakan kembali sebagai tempat menyimpan surat.

b. Recycle

Mengolah kembali(recycle), yaitu kegiatan yang memanfaatkan barang bekas dengan cara mengolah materinya untuk digunakan lebih lanjut.Kertas daur ulang  dan kompos  merupakan contoh hasil kegiatan recycle.

c. Reduce

Mengurangi(reduce), adalah semua bentuk kegiatan atau prilaku yang dapat mengurangi produksi sampah.

d. Replace

Mengantikan dengan bahan yang dapat dipakai ulang(replace), adalah upaya mengubah kebiasaan yang dapat mempercepat produksi sampah, terutama sampah yang mempunyai sifat sukar diolah dan berbahaya. Contohnya adalah menganti kebiasaan memakai kantong palstik dengan kertas atau daun.

e. Refill

Refill artinya mengisi kembali wadah-wadah produk yang dipakai.Misalnya membeli minyak goring,sabun yang memiliki wadah,pada kesempatan berikutnya belilah hanya isinya, karena wadahnya sudah tersedia. Membeli isinya saja harganya saja sudah lebih murah karena produsen  menghitung harga penjualan barang dengan memasukkan biaya kemasan barang tersebut.

f. Repair

Repair artinya melakukan pemeliharaan atau perawatan agar tidak menambah prosuksi limbah. Contohnya menggunakan peralatan rumah tangga yang terbuat dari platik atau pecah belah dengan ahti-hati sehingga tidak cepat rusak

Dinegara-negara maju, tindakan reuse, recycle, dan repair telah diterapkan masyarakat. Sudah selayaknya kamu sebagai pelajar menerapkan pola hidup mengurangi limbah dalam kehidupan sehari-hari dan member contoh pada masyarakat sekitar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: